Selasa, 20 September 2011

Kegunaan Internet Dalam Kegiatan Sehari-hari

   Di zaman yang serba modern ini, sudah lah tidak asing ditelinga kita tentang Internet. Bahkan diantara kita pastinya juga telah menggunakan Internet dengan tujuan tertentu. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kegunaan internet atau yang sering kita sebut dengan dampak positif, akan lebih baik jika kita membahas apa itu internet?

   Internet bukanlah sebuah singkatan, sehingga tidak ada definisi yang baku mengenai internet. Namun sebagai gambaran umum, internet adalah suatu jaringan komputer global terbentuk dari jaringan-jaringan lokal dan regional, yang dimana memungkinkan komunikasi atau interaksi timbal balik data antar komputer-komputer yang terhubung.

   Lebih jauh tentang kegunaan internet itu sendiri, sebetulnya positif dan negatif dari penggunaan internet tergantung dari masing-masing individu. Adapun dampak negatif dari internet yang akan dibahas di postingan saya berikutnya.
Internet dewasa ini sangat memberikan kemudahan-kemudahan bagi seseorang, maupun kelompok dalam banyak hal. Contoh kasus nya saja dalam bidang sosial, seperti hadirnya Facebook atau sering kita sebut FB sebagai sarana menjaga tali silahturahmi antar teman, keluarga, teman lama dan lain sebagainya. Namun apa internet hanya sebatas dengan penggunaan FB atau jejaring sosial sejenis?

Jawaban tentu tidak...
   Contohnya saja dalam bidang pendidikan. Dengan adanya internet dapat memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam pencarian informasi tentang materi palejaran atau mata kuliah yang sedang mereka dalami, atau mencari bahan untuk membuat makalah maupun tugas-tugas.

   Dalam bidang lain contohnya Marketing: Internet dalam bidang pemasaran atau marketing sekarang ini bahkan lebih menjamur, seperti hadirnya online shoping dimana diberikan kemudahan bagi para konsumennya untuk belanja berbagai macam barang TANPA keluar dari rumah. Tinggal "klik", kirim sejumlah uang, dan barang sampai ditempat.

   Dalam bidang budaya: Kurang lebih mirip dengan kegunaan dalam bidang pendidikan. Intinya adalah terjadi suatu perolehan informasi baru dari negara lain, yang artinya memungkinkan kita untuk belajar kebudayaan negara lain. Contohnya saja melihat baju tradisional negara Belanda, atau Italia. Tempat wisata di negara-negara tertentu bahkan belajar bahasa dari negara-negara tertentu.

   Adapun kegunaan-kegunaan lain seperti kesehatan dimana seseorang dapat mencari informasi bahkan ada beberapa profesiional yang membuka suatu konsultasi atau tanya jawab gratis. Kegunaan dalam bidang refreshing, seperti munculnya Game Online yang dimana pemainnya dapat bertemu pemain lain dari daerah yang berbeda. Dan adapun web tertentu yang memungkinkan penggunanya dapat melihat video musik terkini.

   Bisa dilihat internet memiliki banyak sekali kegunaan, baik dalam material seperti marketing dan lain sebagainya. Namun juga dalam bidang psikologi, yang memungkinkan pengguna nya dalam melepas penat sehingga tidak menimbulkan stress pada diri. Dan yang seperti kita tahu bahwa efek dari stress terhadap diri tidak hanya terbatas pada mental namun juga berakibat kepada fisik, seperti menimbulkan sakit kepala, gangguan pencernaan, yang lebih jauh dapat menimbulkan gangguan gangguan konsentrasi baik dalam pekerjaan maupun dalam hal pembelajaran.

Sumber Referensi:
Anonim, Pengantar Internet, 2006. Lepkom Gunadarma.

1 komentar: