Selasa, 20 September 2011

Sejarah Internet dan Komponen yang Dibutuhkan.

1. Jelaskan tentang sejarah internet.
    Berbeda dengan penggunaan internet pada dewasa sekarang ini. Dizaman awal, internet adalah suatu alat atau rencana dari Depertemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1960an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network. 
    Karena suatu alasan tertentu maka US meminta bantuan Universitas - universitas terkenal di negara tersebut untuk menghubungkan 4 komputer di setiap lokasi di universitas yang bersangkutan. Diluar dugaan ternyata perkembangan ARPANET dapat dibilang pesat. Bahkan telah dapat menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.
    Karena banyaknya komputer yang terhubung maka tidak dapat diketahui jumlah pastinya, dikarenakan perkembangan komputer yang pesat dan semakin membesar jumlahnya.
    Karena perkembangannya yang sangat pesat dan semakin banyaknya komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung, maka tidak lagi dapat disebut sebagai ARPANET. Konsep ini lalu berkembang menjadi internetworking. Dan semakin popular sehingga orang-orang menyebutnya internet.

2. Komponen apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi internet?
    Untuk mengakses internet kita tidak bisa begitu saja menggunakannya. Sama seperti memasak, kita membutuhkan bahan dan alat-alat untuk membuat masakan yang sempurna. Ada komponen-komponen yang harus dipenuhi sebelum kita melakukan konfigurasi internet, antara lain:
  • Seperangkat komputer, misal PC atau laptop
  • Modem yang sesuai dengan perangkat komputer, contoh dengan kecepatan kpbs tertentu.
  • Saluran telephon yang memiliki kualitas suara yang baik.
  • Software komunikasi dan protokol TCP/IP
  • Menjadi anggota dari suatu ISP
  • Software aplikasi Internet, contohnya Web Browser, Mail, FTP, dan lain sebagainya.

Sumber Referensi:

Anonim. Pengantar Internet. 2006. Lepkom Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar